Analisa Pengaruh Perubahan Geometrik Jalan Terhadap Kinerja Jalan Anggrek Kota Maumere

  • Anastasia M. N. Soludale Universitas Nusa Nipa
Keywords: perubahan geometrik, volume lalu lintas, kapasitas, kinerja jalan

Abstract

Ruas Jalan Anggrek merupakan tipe lingkungan komersil. Tingginya arus kendaraan pada jam-jam sibuk mengakibatkan kinerja ruas Jalan Anggrek meningkat. Keberadaan beberapa sekolah yang dihubungkan ruas jalan ini serta berbagai unit usaha masyarakat seperti kios, pertokoan, dan warung makan yang tidak menyediakan tempat parkir khusus untuk pengunjung merupakan penyebab terjadinya masalah lalu lintas pada ruas jalan ini. Tahun 2016 dilaksanakan peningkatan jalan pada Jalan Anggrek. Adanya perubahan geometrik jalan serta ditambah median jalan secara tidak langsung mempengaruhi arus lalu lintas di ruas jalan tersebut yang berpengaruh juga terhadap kinerja ruas Jalan Anggrek. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perubahan geometrik jalan terhadap kinerja ruas Jalan Anggrek saat ini. Analisa kinerja ruas jalan menggunakan metode pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) Tahun 2014 untuk jalan perkotaan. Survey dilakukan selama tiga (3) hari yakni dari hari Selasa, Rabu , dan Kamis. Dari hasil survey dan analisis data diperoleh bahwa Volume lalu lintas tertinggi adalah pada hari Selasa dengan jam puncak pada pukul 06.30 wita – 07.30 Wita sebesar 2786 kend/jam. Nilai kapasitas ruas Jalan Anggrek diperoleh sebesar 1187,99 skr/jam, lebih besar dari pada volume lalu lintas yang terjadi yaitu sebesar 995,70 skr/jam. Nilai derajat kejenuhan yaitu sebesar 0,84. Tingkat pelayanan Jalan Anggrek masuk dalam kategori D, dimana arus mulai terganggu, kecepatan rendah, arus pelayanan berkaitan dengan kapasitas maksimal.

Author Biography

Anastasia M. N. Soludale, Universitas Nusa Nipa

SINTA ID: 6686646

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sikka, 2017, Kabupaten Sikka dalam Angka, BPS Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maumere.

Clarkson H.O., 1999, Alih Bahasa, Teknik Jalan Raya Jilid I, Gramedia, Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum., 2014, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia, Departemen Pekerjaan Umum, Dirjen Bina Marga.

Erwin, S., 2016, Analisis Parkir Badan Jalan ( On Street Parking ) Terhadap Kelancaran Lalu Lintas Di Jalan Anggrek – Maumere – Kabupaten Sikka, Skripsi, Universitas Nusa Nipa, Maumere.

Morlok, E.K., 2005. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi (terjemahan). Jakarta : Penerbit Erlangga.

Undang-Undang Republik Indonesia No.38 Tahun 2004. Tentang Jalan. 18 Oktober 2004. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 132, Jakarta.

Tamin, O.Z., 2000, Perencanaan dan Permodelan Transportasi, edisi kedua, ITB, Bandung.
Published
2018-10-25
Section
Teknik Sipil