Aspek Keselamatan Jiwa dan Aksesibilitas Fisik Pada Beberapa Bangunan Bersejarah

  • Yohanes Pieter P. Parera Universitas Nusa Nipa
Keywords: pelestarian, keselamatan jiwa, aksesibilitas fisik

Abstract


Resiko kebakaran dan kasus-kasus bencana lain yang berkaitan dengan keamanan bangunan merupakan hal yang dapat mengancam keberadaan dan keberlanjutan suatu bangunan. Bangunan bersejarah ataupun bangunan konservasi pun tidak luput dari resiko tersebut. Untuk itu, sangat diperlukan adanya instalasi-instalasi pengaman untuk meningkatkan performansi suatu bangunan dan meminimalkan resiko kerusakan. Namun dilain pihak, tuntutan sebuah bangunan bersejarah sebagai bangunan yang sarat akan nilai-nilai signifikan menekankan pada keaslian bentuk tanpa ada perubahan. Benturan kepentingan antara performansi bangunan, dalam hal ini yaitu tingkat keselamatan jiwa dan aksesibilitas fisik dengan konservasi membutuhkan solusi yang tepat dan melibatkan banyak pihak. Penelitian ini membahas tentang penerapan aspek keselamatan jiwa dan aksesibilitas fisik khususnya pada bangunan bersejarah dengan menggunakan metode studi pustaka dan observasi langsung. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan wawasan pengetahuan mengenai relasi antara pelestarian dengan ME khususnya aspek keselamatan jiwa dan aksessibilitas fisik; penerapan ME pada bangunan bersejarah dan sebagai rekomendasi untuk pemerintah, stakeholder, akademika dan praktisi.

Author Biography

Yohanes Pieter P. Parera, Universitas Nusa Nipa

SINTA ID: 6665968

References

Alfarisy, Ahmad, 2013. Pejabat Prambanan bicara tentang Akses Difabel.

Aosmhor, Alba, 2010. Managing change in the Historic Environment “Accesibility”. London: Historic Scotland.

Courtney, Erin, 2016. Focusing on Safety First at the Largest Library in the World.

Firdaus, F dan Iswahyudi, F, 2010. Aksesibilitas dalam pelayanan publik untuk masyarakat dengan kebutuhan khusus, tulisan ini dikembangkan dari “Kajian Pelayanan untuk Masyarakat dengan Kebutuhan Khusus”. Jakarta: LAN RI.

Kay, G. Newmark, 1991. Mechanical electrical Systems for Historic Building. Profitable Tips for Professional, Practical Information for Preservationist. USA: McGraw-Hill, Inc.

Kent, Robin, 2004. Disability Acces Provisions for Historic Building.
Published
2018-10-25
Section
Teknik Arsitektur