Kajian Bangunan Rumah Tinggal Pemukiman Tradisional Nuabari Desa Lenandareta Kecamatan Paga Kabupaten Sikka

  • Yohanes Pieter P. Parera Universitas Nusa Nipa
Keywords: rumah tinggal, Nuabari, style arsitektur, material dan bentuk bangunan, typology bangunan

Abstract


Kajian ini mengambil lokasi di Permukiman Tradisional Nuabari, Desa Lenandareta, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka. Kajian ini dilaksanakan untuk mencapai dua tujuan utama. Pertama, mengidentifikasi wujud beragam tampilan bangunan rumah tinggal yang ada di pemukiman Nuabari. Kedua, untuk mengevaluasi kesesuaian bangunan dengan style arsitektur tradisional suku Lio yang bermukim di pemukiman Nuabari. Ketiga, penelitian ini juga menstudi typology bangunan yang ada di permukiman Nuabari. Sehingga penelitian ini memfokuskan bahasannya pada bentuk asli bangunan tradisional suku Lio, arsitektur tradisional suku Lio, wujud bangunan, dan pemanfaatan material bangunan. Metode kualitatif deskriptif dengan model paradigm fenomenologi naturalistic telah diterapkan oleh penelitian ini, yang didukung oleh wawancara, pengamatan langsung, dokumen tertulis dan dokumentasi foto terkait bangunan yang disurvey. Hasil penelitian menunjukan ada tiga type bangunan yang terdapat pada permukiman Nuabari dilihat dari wujud bangunan, style arsitektur dan pemakaian material pada bangunan. Kondisi tersebut diakibatkan oleh berbagai aspek dan mengindikasikan bahwa terjadi ketidaksesuaian bangunan dengan karakterisitik arsitektur tradisional yang melekat pada permukiman tradisional Nuabari ini.

Author Biography

Yohanes Pieter P. Parera, Universitas Nusa Nipa
SINTA ID: 6665968

References

Wirata, I Made dan Sueca, Putu Ngakan (2014) ‘Konsep Arsitektur Rumah Adat Suku Sasak di Dusun Segenter, Kecamatan Bayan, Lombok Utara - NTB’ RUANG Jurnal Lingkungan Binaan PMA Vol. 1 No. 1. Universitas Udayana, Denpasar.

Widiastuti dan Paturusi, Syamsul Alam (2014) ‘Tata Bangunan Fasade di Koridor Legian, Kuta’ RUANG Jurnal Lingkungan Binaan PMA Vol. 1 No. 2. Universitas Udayana, Denpasar.

Christini Tepa, Yohana, 2010. Laporan Hasil Pengumpulan Data Berkaitan dengan Penataan Obyek Wisata Kubur Batu di Nuabari, Maumere.

DPU-Dirjen Cipta Karya, 1993. Rumah Sehat dalam Lingkungan Sehat.

Frick,Heinz, 2003. Membangun dan Menghuni Rumah di Lerengan. Seri Pengetahuan lingkungan– manusia–bangunan 2. Penerbit Kanisius, Semarang.

Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Sikka, 2007. Pesona Sikka, Deskripsi 10 Obyek Wisata Budaya, Maumere.

Budiharjo, Eko Urip, 2009. Perumahan dan Permukiman di Indonesia. Penerbit : PT. ALUMNI, Bandung.

Budiharjo, Eko Urip, 2009. Penatan ruang dan pembangunan perkotaan. Penerbit : PT. ALUMNI, Bandung.

C. Snyder, James; J. Catanese, Anthony, 1984. Pengantar Arsitektur, Penerbit : Erlangga.

Sastra, S. Marlin, E. 2005. Perencanaan dan Pengembangan Perumahan. Yogyakarta.

Rapoport, A (1969). House Form and Culture. Milwaukee : University of Wincosin.
Published
2015-10-25
Section
Teknik Arsitektur